LAMPIRAN 1. PROSEDUR PRAKTIS

 

Sebelum dilakukan, terlebih dahulu jelaskan prosedur tersebut kepada orang tua, setiap risiko yang mungkin terjadi didiskusikan dan mendapat persetujuan mereka. Pada bayi muda, prosedur ini sebaiknya dilakukan pada ruang yang hangat. Pencahayaan yang baik merupakan keharusan. Anak yang lebih tua harus diberitahu mengenai hal yang akan terjadi. Analgesik harus diberikan bila diperlukan.

Prosedur pemberian sedasi

Dalam beberapa prosedur (misalnya pemasangan drainase dada atau kanul vena sentral), pemberian diazepam sebagai sedasi, atau ketamin sebagai anestesi ringan dapat dipertimbangkan (lihat bagian 9.1.2).

Untuk sedasi diazepam diberikan 0.1–0.2 mg/kgBB IV. Untuk ketamin 2–4 mg/kgBB IM. Sedasi terjadi setelah sekitar 5-10 menit dan efek bekerja selama kurang lebih 20 menit.

Selama proses sedasi, awasi jalan napas anak, waspadai kemungkinan terjadinya depresi pernapasan dan pantau saturasi oksigen menggunakan pulse oximeter, bila mungkin. Pastikan tersedia balon resusitasi dan oksigen.

Membungkus anak untuk menjaga keamanan selama dilaksanakan prosedur praktis

Satu sisi kain ditarik melalui lengan bagian bawah anak di kedua sisi lengan ke arah belakang (A dan B). Sisi yang lain ditarik ke arah depan hingga membungkus seluruh tubuh anak (C dan D)